Jalan Jalan ke Solo pake Batik Solo Trans

Spread the love

Ini tema nya masih jalan-jalan backpacker ala ala di kota Solo,
kota solo ini ane bilang memang istimewa, kota terbersih yang pernah ane kunjungi, di tengah kota masih banyak pohon yang rindang, sejuk dan tentunya kota yang ramah buat pejalan kaki 🙂
sepanjang jalan slamet riyadi dibangun citywalk yang lebar dan ndak panas, cocok buat jalan jalan santai.

Mengenai sarana transportasi yang ada di kota solo ini, ane bilang juga komplit plit lho, dari bus trans solo (batik solo trans) , becak, taxi, ojek online, bahkan ada sepur yang wira wiri di jalanan kota, bersanding serasi dengan pengguna jalan raya. istimewa benerrrr.. ga ada di kota kota lain yang seperti ini.

Pengalaman ane nih, yang namanya backpacker ala ala, dengan budget minim seadanya, tentunya harus “pelit” biar bisa menikmati lebih banyak destinasi wisata di kota solo dengan biaya alakadarnya.
waktu itu ane sempat naik BST trans solo, bagus sih bis nya baru, ac adem, drivernya nyupir juga ga ugal-ugalan serta yang terpenting adalah pelayanan dari crew BST, ramah polll dan murah senyum. Buat ane yang baru menginjakan kaki di kota solo, tentunya plonga-plongo dengan jalanan disana, rawan tersesat hahaha… ane waktu itu mau ke SGM (solo grand mall), ane tanya warga solo yang sama sama naik BST, dikasi tau nanti naik koridor 2 lalu transit koridor 1 biar bisa turun di halte depan SGM. Daripada ane tersesat, ane tanya ke mas onboard, memang benar pake cara itu bisa. tapi dia saran, mending turun di halte gendengan, lalu jalan kaki saja ke SGM daripada transit. lah kok gitu? ane pun bertanya tanya.. mas onboard lalu kasih tau, sistem di Batik Solo Trans itu agak berbeda dengan Trans Jakarta, Trans Jogja dan Trans Semarang di BST kalo transit bis maka BAYAR lagi. untung diomongi kl ga tekor hihihi.. transit bayar lagi untuk bergerak ke 1 halte berikut yang jauhnya kurang lebih 500m.

BST koridor 2

hmm blaik juga, trans solo tarif nya lebih mahal daripada trans yang pernah ane naiki, sejauh ane naik BRT trans semarang itu tarifnya Rp 3500, transjogja kalo pake kartu Rp 2700, trans jakarta Rp 3500. lha ini BST malah Rp 4500 dah gitu transit bayar hahahaha… dan konon katanya kalo naik dari bandara maka tarifnya sampai Rp 20000

ane tanya ke mas onboard, kenapa bisa beda begitu.. dijelaskan karena beda koridor itu beda operator bis makanya ketika transit/melakukan perpindahan bus dikenakan biaya lagi.

Oiya, ini ada pengalaman juga, biasanya di Busway pasti dapat tiket bukti pembayaran ya, ini kemarin ane naik ga dapat tiket nya, mungkin lupa atau gimana, aku juga lupa ga tanya #tepokjidat. di BST cara bayarnya bisa pakai tunai dan pake kartu, namun sayangnya kartu tap yang bisa dipakai cuman kartu BRI BRIZZI, aku bawa FLAZZ BCA sama Emoney mandiri ga bisa dipakai #tepokjidatlagi.

Di kota solo ini, ane kmrn ga menemukan ada angkot tuyulan/kopata/pete pete/dayatsu ato apalah namanya, angkot yang kecil sering sruntal sruntul biasanya dah bulukan mobilnya..
kmrn ane malah liat ada angkot begitu tapi menggunakan livery dan ada logo batik solo trans. Mobilnya bersih lho, apik tenan. ane kemarin menyempatkan diri naik tuyulannya BST (kalo di solo namanya feeder/pengumpan BST) , mobilnya kayak angkot biasa tapi udah ada AC nya, supir juga ramah & pake seragam dinas batik solo trans. untuk tarif masih tetap sama kayak yang bis besar, yaitu Rp 4500.
Feeder BST Transsolo koridor 9

Secara halte, juga ga jauh beda sama yang di jogja maupun di semarang, cuman ga ada yang jaga.. tp ini halte ada cctv nya lho…
halte BST vastenburg

Ane suka dengan transportasi publik di kota solo ini, uniiiiiiik dan sangat membantu… hanya saja, sayangnya transit bayar padahal ga turun halte hahaha.. dan juga kurangnya papan sosialiasi jalur.
ane cari cari di internet pun masih kurang adanya peta jalur Batik Solo Trans, ada pun resolusi kecil dan ga jelas pula #tepokjidat
ane kudu tanya2 ke warga biar ga kesasar wkwkwkwk…
mmmm… apa itu trik dari pemerintah solo, biar pendatang or wisatawan cepat akrab sama warga solo yang ramah hihihihi…

Ya udah deh gitu aja keluh kesah ane tentang transportasi publik di solo 🙂
salut sama kota solo yang konon spirit of java, oiya di menjelah tempat wisata di kota solo ada yang bisa di tempuh dengan berjalan kaki saja

nanti ane update jalur koridor nya ya

kata kunci:
Pata Jalur Trans Solo Batik
Rute Map BST solo


Spread the love

You May Also Like

About the Author: hantuceria

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: