Apa perbedaan antara kata “bulat” dan “bundar” dan “lingkaran”?

    Selama ini, mungkin kamu menganggap kalau lingkaran,
    bulat dan bundar itu adalah satu hal yang sama.
    Istilah bundar dan bulat biasanya orang sering salah kaprah dalam menempatkan kata dalam kalimat. Secara awam Bundar dan Bulat memang sama-sama memiliki dimensi dan volume lingkaran. Namun perbedaan mendasar Bulat dengan Bundar adalah Bulat itu utuh membentuk 3Dimensi, tapi Bundar membentuk 3Dimensi cakram yang pipih. Seperti misalnya ; meja itu bundar, cakram motor itu bundar, uang logam itu bundar dan lain sebagainya.

    nah, sedangkan makna bulat itu sendiri adalah Sebagai kata sifat, kata bulat umumnya ditujukan untuk sifat benda tiga dimensi (bervolume), misalnya bumi bulat, tahu bulat gurih nyoy, sedangkan bundar ditujukan untuk sifat benda dua dimensi, misalnya meja bundar. Namun demikian, kedua kata ini kadang dapat saling menggantikan.

    Satu lagi nih, yaitu lingkaran.
    lingkaran adalah kurva bidang dua dimensi. Sebuah lingkaran yang dibuat oleh himpunan titik-titik yang berada pada jarak yang sama dari titik yang tetap. Bagian tetap dikenal sebagai pusat lingkaran. Bagian di lingkaran pusat terdiri dari: diameter, radius, lingkar, chord, garis potong, tangen dan sebagainya. Bentuk lengkap lingkaran dapat ditarik berputar hingga 360 derajat. Secara awam lingkaran adalah sebuah garis utuh yang bergerak melingkar berawal dari satu titik dan bertemu ketitik awal tadi. Lingkaran hanya sebuah garis yang tidak memiliki volume atau isi.

    So, bumi itu bulat bukan bundar dan
    Pizza hut itu bundar bukan bulat , roda itu lingkaran bukan bulat maupun bundar.

    Diolah dari berbagai sumber 🙂

      Tinggalkan Balasan

      Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *