Solusi Pesan Chat Whatsapp (WA) Android Sering Telat Masuk & Notifikasi tidak ada

Pernah gak ente ngalamin ketika lagi berchatingan dengan teman ato pacar melalui aplikasi messenger whatsapp tapi message balasan dari lawan chat ente itu serasa nggak masuk ato malah kamu bisa berpikir chat mu gak dibalas padahal sudah terbaca dan dibalas. Tentunya itu bisa bikin kamu galau dan baper lhoo ya…
padahal lawan chat mu aslinya sudah balas pesan kamu real time, tapi tidak masuk/terkirim ke kamu chat nya.

Beberapa hari terakhir ini, ane mengalami hal yang sama di HP smartfren andromax A LTE ane. tentunya hal ini gak ada kaitannya sama si operator hehe, karena sinyalnya bagus & pas fullbar.
Kasus yang ane alami gini, jadi pas ane ber chat sama kawan, chat ane bisa kekirim ke mereka dengan lancar, nah saat itu juga mereka baca dan balas chat (katanya). tapi chat itu ga masuk ke HP ku, karena ane lagi gak buka aplikasi whatsapp itu. bahkan kemarin ada panggilan telepon melalui WA pun gak ada notifikasi. ane baru tau pas buka WA, langsung bejibun pesan masuk & pemberitahuan panggilan tak terjawab. kalo chatnya isinya penting kan repot tuh..
oiya, ane alami ini pas HP batre full, kalo tinggal 15% a.k.a dalam mode penghematan daya/power saving, maka emang seperti itu. Sudah Ane Hapus aplikasi & install ulang whatsapp berkali kali, tetap saja hal ini masih terjadi.

intinya: Harus buka aplikasi terus menerus (ga boleh di minimize) agar chat bisa masuk lancar ngga telat, kalo tutup aplikasi ngga ada notifikasi pesan WA masuk.

Nah untuk solusi cara mengatasi & Memperbaiki Notifikasi Tidak Muncul dan Pesan Yang Telat/ Tertunda bahkan tidak masuk pada Whatsapp gini:
1. Notifications Setting
Pastikan Notifikasi whatsapp di taskbar sudah diaktifkan

2. Tidak dalam mode hemat daya
pastikan anda sedang tidak mengaktifkan fitur hemat baterai, jika sedang aktif, disable saja. Biasanya sih fitur ini otomatis aktif kalau baterai daya nya tinggal 15%

3. Pastikan Jaringan OK
jika memungkinkan gunakan jaringan 3G atau bahkan 4G LTE. Saat ini jaringan 3G sudah hampir merata di daerah – daerah dan kota kecil.

4. Bersihkan cache WhatsApp, dengan cara masuk ke pengaturan/ Setting -> Manajer Aplikasi -> buka tab Semua, kemudian cari aplikasi WhatsApp, tap dan tekan tombol Hapus Cache, kemudian restart perangkat anda.
Nah kalo cara-cara hal tersebut masih membuat Chat WA telat masuk, biasanya ada gangguan di pengaturan akun google.
entah apa hubungannya, tapi memang begitu, soalnya udah 2 HP ane yang ngalami hal serupa. HP ane ga bisa pasang menambahkan akun google disitu hanya stuck di halaman “memeriksa info” terus menerus, dan ketika membuka aplikasi google terdapat pesan “kesalahan mengambil data server”.

kalo sudah kayak gini, solusi nya. benerin dulu akun google nya, kalau sudah, baru lakukan Install Ulang Aplikasi Whatsapp.. kalau bisa lakukan instalasi WA dari yang resmi/playstore jangan apk. oiya, sebelum install WA pastikan pengaturan tanggal & waktu sesuai real time.
Ane lakukan ini pada 2 HP ane. sekarang udah normal semua.

semoga bermanfaat,
ada pertanyaan silakan tulis di komentar ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *