Keliling Sekitaran Keraton Makin Mudah Pake Si Thole

    Jogja kini kedatangan armada transportasi baru lhoo yaitu “Si Thole”, pernah denger? hehe…. Yupp Si Thole ini adalah kendaraan shuttle wisata untuk area di sekitaran keraton yogyakarta. Si Thole mulai mengaspal jalanan pada tanggal 28 November 2014 lalu, ya itu berarti tepat hari ini, si thole udah seminggu beroperasi mengaspal jalanan jeron beteng untuk mengantar para wisatawan yang akan berwisata di area jeron beteng keraton jogjakarta. Si Mobil Hijau ini melayani wisatawan berkeliling mulai dari Shelter Central di Ngabean menuju keraton jogja, kawasan jeron beteng hingga taman pintar sesuai dengan rute jalur yang disediakan.

    Kehadiran Si Thole ini diharapkan bisa mempermudah para pengunjung yang akan berwisata ke daerah keraton tanpa harus khawatir mengenai transportasi bahkan khawatir tersesat. Thole si shuttle ini, hadir dengan menggunakan armada minibus (grandmax) yang di cat hijau dan memiliki ornamen batik di bagian bodynya, dan tentunya ada cutting stiker logo si thole yang khas di bagian lambung body. Nah, dengan adanya keberadaan si thole ini, tentunya ada regulasi baru yang mana melarang bus-bus parisiwata berbagai dimensi untuk masuk dan parkir di area wisata keraton (biasanya pada parkir di alun-alun utara nih)

    Mengenai tarif si Thole, ane rasa ga begitu mahal kok, disini ada dua skema tarif yang disediakan oleh pihak operator si thole, yaitu untk sekali jalan ke suatu tujuan dikenakan tarif Rp 5000, sedangkan untuk tiket terusan (3 kali naik) dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000. Jadi contohnya gini, kamu naik dari terminal ngabean lalu turun di keraton, kemudian naik lagi dari shelter keraton ke taman pintar, dan dari taman pintar balik ke shelter ngabean. itu dikenakan tarif terusan. Nah kalo lebih gimana? gampang aja, kamu tinggal beli tiket reguler sekali jalan. Saat ini, pihak operator si Thole sudah menyediakan beberapa shelter untuk menunggu yaitu di Terminal Ngabean, Keraton, Gedung PDHI, Jogja Gallery, Taman Pintar dan Taman Sari.

    ngomong-ngomong udah pada tau belom arti si Thole itu? Thole itu sendiri meripakan panggilan akrab untuk anak laki-laki dalam bahasa jawa atau ada yang mengartikan pula sebagai panggilan sayang orang tua kepada anak laki-lakinya. Yah mungkin saja, pihak operator memberikan nama tersebut agar eksistensi si Thole dapat dikenal masyarakat dan gampang di ingat sehingga si Thole menjadi lebih lekat dan bersahabat dengan wisatawan dan masyarakat jogja.

    Oya hampir ketinggalan, ini rute dari Si Thole:
    RUTE I : Taman Parkir Ngabean – Jl Agus Salim – Jl Kauman – Alun-Alun Utara (Keraton Jogja) – Jl Rotowijayan (Sentra Batik) – Jl Ngasem (Magangan Bale Raos) – Taman Sari (Kampung Batik) – Taman Parkir Ngabean
    RUTE II: Taman Parkir Ngabean – Jl Kauman – Alun Alun UTara (Keraton Jogja)- Jl Ibu Ruswo-Jl Bigjen Katamso- Jl Senopati (Taman Pintar)-Titik Nol KM (Malioboro) – Alun-alun utara-Jl Kauman-Jl Agus Salim – Taman Parkir Ngabean

    untuk lebih jelasnya lihat di peta aja:

    Sedikit Gambar Si Thole yang ane ambil dari beberapa sumber:

    Salam Wisata Terima kasih Sudah Membaca
    = Mustika Prima Transwisata =

    source: jogja.co, twitter @sithole_jogja

    Posted from WordPress for Android

      2 thoughts on “Keliling Sekitaran Keraton Makin Mudah Pake Si Thole

      Tinggalkan Balasan

      Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *