Belajar itu Ngga ada yang sia-sia

    “Belajar itu tidak ada yang sia-sia”, yah ungkapan itu sepintas muncul dalam benak pikiran saya, disaat saya sibuk dengan proses penulisan Tugas Akhir Penelitian ane alias #SKRIPSI.
    Beberapa waktu lalu, ane sempat jenuh bosen serta sedikit (۳ ˚Д˚)۳ sama kerjaan ane ini gegara buntu ga dapet ide untuk koding. Pasalnya, dalam tugas akhir yang ane buat saat ini ada sesuatu yang bikin puyeng yaitu: menghitung matriks perbandingan berpasangan, dinamis menggunakan php dan mysql.
    Ya ampun banget deh… Kalo pake php buat matriks begitu gimana caranya coba??? Pake looping!!!! « Jelas lah pake itu, tapi gimana logikanya???
    Nah, dikebuntuan saat itu, ane iseng buka2 materi mata kuliah ane yang menggunakan bahasa MATLAB!

    Jujur ajah,ane kurang suka dan kurang mengerti dengan apa yang namanya matlab ini hehe *kalo kata om tukul arwana » panganan opo kuiiiiii? *, ditambah waktu dulu belajar matlab ini, kami (peserta kuliah) ga boleh menggunakan toolbox yang telah disediakan oleh si matlab ini,
    Misal untuk membuat matriks identitas ordo 6×6 di matlab, ga boleh pake perintah » eye(6) dan masih banyak toolbox yang ga boleh dipake. Kita diharuskan untuk menggunakan proses looping terhadap baris dan kolom untuk membuat suatu matriks!!!!
    *huahhh dulu sempet aja mikir (dan sedikit meremehkan), buat apa nih, ada yang mudah kok pake yang susah!!!* bisa pake toolbox yang tinggal pake aja kok harus buat fungsi perhitungan sendiri!

    Ternyata dibalik semua itu… ada sesuatu proses pikir yang bisa disyukuri, istilah bekennya ada hikmah dibalik sebuah peristiwa hahahaha

    Apabila, waktu itu ane belajar matlab mengitung matriks secara instan, woow ane pasti masih buntu ngerjain ni tugas akhir yang penuh dengan matriks dan array!!!
    Memang sih, bahasa pemrograman matlab ngga bisa dipakai di bahasa PHP, tapi proses pikir/kerangka pikir/logika algoritmanya yang bisa diterapkan!!! Khususnya kalo kita belajar yang cara manual!
    Coba kalo dulu bikin matriks pake
    eye(6) , atau zeros(6) di matlab dan ga tau cara buat secara manualnya…
    Apa ya bisa perintah eye(6), zeros(6) itu diterapkan untuk buat matriks di PHP??
    Untungnya ane diajarin cara manualnya

    Misal aja ye:
    Untuk fungsi membuat matriks identitas di PHP, ga bisa pake eye(ordo) seperti di matlab tapi harus pake koding seperti ini « walau ribet tapi algoritmanya bisa diimplementasikan dibahasa pemrograman apapun:

    $jmlordo=3;for($i=0;$i<$jmlordo;$i++) { for($j=0;$j

      4 thoughts on “Belajar itu Ngga ada yang sia-sia

      1. Fikri

        Mas kira2 kodingnya apa ya klo kita mau buat matriks dinamis misal kita inputkan barisnya 3, kolomnya 3 utk matriks ordo 3×3 terus muncul tabel input sesuai yg kita inputkan baris 3 kolomnya 3. Trims mas

      Tinggalkan Balasan

      Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *