Fenomena Suku QDJY™ setelah Suku UNYU™

Sebuah Fenomena yang terjadi di kalangan anak muda Indonesia saat ini.Terlepas dari permasalahan rusaknya bahasa baku Bahasa Indonesia, saya merasa ada daya kreatifitas dari anak-anak muda dalam mengolah dan ‘menciptakan’ gaya bahasa sendiri, yang mungkin dirasa aneh, membingungkan bahkan dianggap tak lazim.
Perkembangan ‘bahasa baru’ dari masa kemasa juga semakin parah, entah itu dimulai dari mana asalnya…
Dari dulu muncul fenomena dari bahasa SMS yang menggunakan singkatan-singkatan nggak jelas, sampai dengan yang terbaru saat ini…

Belom selesai fenomena dari para suku alay, suku UNYU™ ciyus miapah yang menggemparkan dunia anak muda Indonesia dengan gaya bahasanya yang sangat aduhai dan membuat pening orang yang membacanya… kini munculah Satu lagi suku planet antah berantah yang tinggal di Indonesia, dan yang barusan ane ketahui keberadaannya.. (sudah lama sih, tapi ane baru tau sekarang)

inilah suku QDJY (dibaca keji)
entah kenapa namanya QDJY alias keji… jangan tanya alasannya ke ane, ane nggak tau ehheeh.. soalna ane bukan warga suku QDJY hehe…
Nah, untuk suku ini, menurut ane, lebih serius digerakan oleh pengembangnya hahaha.. ane baru-baru ini menemukan sekelompok orang-orang iseng yang menggarap dengan serius kegerakan
satu republik yang menamai dirinya Repooblyq Qdjy (baca: Republik Keji)

Bahasa dari suku ini juga lumayan bikin pusing bin pening kepala…(ane masih mending baca surat dari suku UNYU daripada dari suku ini *tepokjidat*)
Oke lanjot, menurut ane, suku ini lumayan spesial dan kreatif (namun ane gak bakal gabung, mengingat usia dan keterbatasan memori otak untuk mentranslet kalimat mereka dalam jumlah besar hahaha)
Bahasa merekapun agak gak lazim model penyusunan katanya : beberapa huruf konsonan yang menyusun satu kata, diganti dengan aksara lain yang berbunyi sama, namun tak lazim digunakan.

Ini nih contoh dari bahasa suku QDJY:

DYLARANG MNYROOQAN TANPA LATYHAN QOOSOOS & DYDAMPYNGY AHLYNIA

ada lagi nih, salam malam mingu ahahaha

OIA, LOOPA. XPESYAL BWAT UARGA2 DJOMBLO IANG MALMYNG GA ADA IANG SMS: “QAMOO DJANGAN LOOPA MAQAN AMA NAPAS EAPH?” :3

hayoh monggo ditranslet sendiri…. hahahaha….

Oya, kalo temen-temen ada yang minat buat gabung sama ni suku,.. monggo langsung ke komunitasnya:
di twitter: @qdjy
namun sebelomnya kamu harus belajar dulu bahasa mereka di buku panduan “QAMOOSH BAHASA QDJY EDYSY YSTYLAH DAN QOSAQATA XPESYAL”

dan yang masih bingung pengen membuat bahasa qdjy , bisa pake translator bahasa mereka

Klik di Logo gan kalo mau ke TKP

Oya, ada yang ketinggalan… suku QDJY atau yang sering dikenal dengan Repooblyq Qdjy, mempunyai ikon / ciri khas, yaitu KOTAK… yah digambarkan dalam icon/maskot/apalah namanya… gambar mereka masti berkepala kotak.. sampe2 mbak monalisa-nya mereka pun kepalanya kotak..
cekibrot gan…

ada update…: dari mas vikri yang komen dibawah 🙂
Download translator QDJY : http:// www. mediafire .com/download/h01da0348vn5y4b/QDJY_Translator.zip
Download Kamus QDJY :http://www. mediafire . com/download/c5rrwh9ftovd4dm/Kamus_QDJY.zip

28 Comments


  1. bagus ini, artinya perkembangan bahasa yang revolusioner haha…. Bacanya aja bikin melintir apalagi nulisnya, ampunnnnnn dah 😛

    Reply

    1. yang qdjy ane juga bingung mas bacanya… harus pake mikir dulu ehehehe

      Reply

    1. entahlah siapa yang memoolai… ane aja baru tau ada ‘suku’ ini hehe… thanks sudah mampir 🙂

      Reply

    1. ‘suku’ anak muda jaman sekarang berooow 🙂

      Reply

    1. kata2 yang mana om bro?
      Btw, thanx sudah mampir 🙂

      Reply

  2. pening,,,,,,…………pening…..pening……….
    hiks!!!!!!!

    Reply

  3. untungnya saya masih bisa membaca dengan baik dan benar mas

    Reply

    1. pusing sama kreatifitas mereka ahahaha 😛

      Reply

  4. Bah! Hahahahaaha
    Ya, salam. Ternyata yang ini lebih ekstrim + Kreatif to the max banget dari bahasa alay yang dulu2 -_____-

    Salam jomblowati untuk jomblowan #ea –” -> kode biar maen ke blog gue ya kakanya 😀

    Reply

    1. hahha iya lebih ekstrim dan bikin pening kepala..
      thanks udah mampir….
      hadew… salam jomblo jugakkk 🙂

      Reply

    1. entahlah suku apa lagi ehehee

      Reply

  5. XAIA DATANG ATAS LYNQ IANG DYBERYQAN OLEH PAQ PRESH DY EV-BE.

    XALAM DARY UARGA REPOOBLYQ QDJY.

    Reply

  6. Download translator QDJY : http:// www. mediafire .com/download/h01da0348vn5y4b/QDJY_Translator.zip
    Download Kamus QDJY :http://www. mediafire . com/download/c5rrwh9ftovd4dm/Kamus_QDJY.zip

    Reply

    1. sip… thanks kunjungannya 😀

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *