Fenomena Suku QDJY™ setelah Suku UNYU™

    Sebuah Fenomena yang terjadi di kalangan anak muda Indonesia saat ini.Terlepas dari permasalahan rusaknya bahasa baku Bahasa Indonesia, saya merasa ada daya kreatifitas dari anak-anak muda dalam mengolah dan ‘menciptakan’ gaya bahasa sendiri, yang mungkin dirasa aneh, membingungkan bahkan dianggap tak lazim.
    Perkembangan ‘bahasa baru’ dari masa kemasa juga semakin parah, entah itu dimulai dari mana asalnya…
    Dari dulu muncul fenomena dari bahasa SMS yang menggunakan singkatan-singkatan nggak jelas, sampai dengan yang terbaru saat ini…

    Belom selesai fenomena dari para suku alay, suku UNYU™ ciyus miapah yang menggemparkan dunia anak muda Indonesia dengan gaya bahasanya yang sangat aduhai dan membuat pening orang yang membacanya… kini munculah Satu lagi suku planet antah berantah yang tinggal di Indonesia, dan yang barusan ane ketahui keberadaannya.. (sudah lama sih, tapi ane baru tau sekarang)

    inilah suku QDJY (dibaca keji)
    entah kenapa namanya QDJY alias keji… jangan tanya alasannya ke ane, ane nggak tau ehheeh.. soalna ane bukan warga suku QDJY hehe…
    Nah, untuk suku ini, menurut ane, lebih serius digerakan oleh pengembangnya hahaha.. ane baru-baru ini menemukan sekelompok orang-orang iseng yang menggarap dengan serius kegerakan
    satu republik yang menamai dirinya Repooblyq Qdjy (baca: Republik Keji)

    Bahasa dari suku ini juga lumayan bikin pusing bin pening kepala…(ane masih mending baca surat dari suku UNYU daripada dari suku ini *tepokjidat*)
    Oke lanjot, menurut ane, suku ini lumayan spesial dan kreatif (namun ane gak bakal gabung, mengingat usia dan keterbatasan memori otak untuk mentranslet kalimat mereka dalam jumlah besar hahaha)
    Bahasa merekapun agak gak lazim model penyusunan katanya : beberapa huruf konsonan yang menyusun satu kata, diganti dengan aksara lain yang berbunyi sama, namun tak lazim digunakan.

    Ini nih contoh dari bahasa suku QDJY:

    DYLARANG MNYROOQAN TANPA LATYHAN QOOSOOS & DYDAMPYNGY AHLYNIA

    ada lagi nih, salam malam mingu ahahaha

    OIA, LOOPA. XPESYAL BWAT UARGA2 DJOMBLO IANG MALMYNG GA ADA IANG SMS: “QAMOO DJANGAN LOOPA MAQAN AMA NAPAS EAPH?” :3

    hayoh monggo ditranslet sendiri…. hahahaha….

    Oya, kalo temen-temen ada yang minat buat gabung sama ni suku,.. monggo langsung ke komunitasnya:
    di twitter: @qdjy
    namun sebelomnya kamu harus belajar dulu bahasa mereka di buku panduan “QAMOOSH BAHASA QDJY EDYSY YSTYLAH DAN QOSAQATA XPESYAL”

    dan yang masih bingung pengen membuat bahasa qdjy , bisa pake translator bahasa mereka

    Klik di Logo gan kalo mau ke TKP

    Oya, ada yang ketinggalan… suku QDJY atau yang sering dikenal dengan Repooblyq Qdjy, mempunyai ikon / ciri khas, yaitu KOTAK… yah digambarkan dalam icon/maskot/apalah namanya… gambar mereka masti berkepala kotak.. sampe2 mbak monalisa-nya mereka pun kepalanya kotak..
    cekibrot gan…

    ada update…: dari mas vikri yang komen dibawah 🙂
    Download translator QDJY : http:// www. mediafire .com/download/h01da0348vn5y4b/QDJY_Translator.zip
    Download Kamus QDJY :http://www. mediafire . com/download/c5rrwh9ftovd4dm/Kamus_QDJY.zip

      28 thoughts on “Fenomena Suku QDJY™ setelah Suku UNYU™

      1. qona asidakiah

        Bah! Hahahahaaha
        Ya, salam. Ternyata yang ini lebih ekstrim + Kreatif to the max banget dari bahasa alay yang dulu2 -_____-

        Salam jomblowati untuk jomblowan #ea –” -> kode biar maen ke blog gue ya kakanya 😀

        1. hantuceria Post author

          hahha iya lebih ekstrim dan bikin pening kepala..
          thanks udah mampir….
          hadew… salam jomblo jugakkk 🙂

      2. vyqry

        Download translator QDJY : http:// www. mediafire .com/download/h01da0348vn5y4b/QDJY_Translator.zip
        Download Kamus QDJY :http://www. mediafire . com/download/c5rrwh9ftovd4dm/Kamus_QDJY.zip

      Tinggalkan Balasan

      Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *