shang you tian tang, xia you shu hang

    Entah kenapa tiba-tiba ane keinget engkong ane. Dan ane inget akan wejangan2 (berupa pepatah china) tentang kehidupan luhur yang jauh ditanamkan ke pribadi ane. wejangan-wejangan itu kini melekat kuat pada diri ane dan menjadi prinsip hidup ane.

    Dulu ketika engkong ane memberikan wejangannya, beliau selalu bercerita dan menganalogikan dalam cerita dunia persilatan.
    Ada seorang pendekar yang begitu master karena telah memiliki ilmu yang tinggi dan telah berhasil menundukan lawan-lawannya. Ia kemudian jadi takabur dan ngeremehin orang2 disekitarnya dan selalu menantang untuk beradu ilmu dengannya. Namun, suatu ketika ia mendapati ada orang yang ilmunya nyata-nyata jauh lebih tinggi darinya.Dan pendekar yang takabur itu kena batunya.
    inti ceritanya: jangan sombong.

    seperti pepatah cina yang mengatakan : “Shang You Tian Tang,Xia You Zhu Hang” atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal “diatas langit masih ada langit”

    Pepatah ini mengajarkan kepada kita bahwa ketika kita merasa sudah hebat atau merasa sudah pintar, ingatlah & jangan lupa bahwa ada orang lain yang lebih hebat dan lebih pandai dari kita, atau dalam kata lain, pepatah itu mengajarkan kepada kita untuk selalu berendah hati dan tidak menyombongkan diri.

    Pepatah tentang larangan untuk menyombongkan diri juga telah tertulis dalam alkitab, yang berbunyi:
    “kecongkakan mendahului kehancuran, tinggi hati mendahului kejatuhan” (amsal 16:18)

    Menurut ane, Memang benar pepatah itu, pepatah yang akan membuat kita selalu ati-ati alias mawas diri,pepatah yang menyadarkan kita untuk tidak sombong dan takabor terus nyepelein orang lain + memandang rendah orang lain. Dan pepatah yang selalu mengingatkan kepada kita untuk selalu bersyukur karena segala yang kita miliki saat ini (kepandaian,kecerdasan,materi,skill, talent, dsb) merupakan anugerah dari Tuhan yang harus kita kelola & manfaatkan sebaik-baiknya untuk kebahagiaan diri dan terutama untuk kesejahteraan bersama serta memuliakan nama-Nya.
    Kesombongan & ketinggian hati tidak ada manfaatnya dan hanya akan mendatangkan kerugian bagi diri kita sendiri.

      2 thoughts on “shang you tian tang, xia you shu hang

      Tinggalkan Balasan

      Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *