Beda Optical Zoom dengan Digital Zoom

    Pada kamera digital biasanya terdapat dua fasilitas untuk zoom yaitu optical zoom dan digital zoom.
    Sebelum membahas tentang apa itu digital zoom dan optical zoom, mari kita ketahui apa itu zoom.
    Zoom adalah proses memperbesar suatu citra gambar, zoom ada dua yaitu memperbesar (zoom out) dan memperkecil (zoom in).

    Optical Zoom dan Digital Zoom memiliki suatu perbedaan yang cukup signifikan, mungkin seseorang yang belum mengerti akan menganggap keduanya sama dan tidak perlu dipermasalahkan, namun jika anda seorang fotografer atau seorang desainer grafis mau tidak mau harus mengetahui perbedaan keduanya.

    Optical zoom, sesuai namanya, memanfaatkan panjang pendek lensa untuk memperbesar/ memperkecil obyek. Semakin panjang lensa, semakin besar kemampuannya untuk memperbesar obyek, sehingga detail obyek tetap tertangkap walau dipotret dari jarak yang jauh.

    Gampangnya Ketika kita menggunakan zoom, lensa kamera kita bergerak maju mundur sesuai zoom yang kita inginkan? Itu berarti kita menggunakan optical zoom.

    Digital zoom adalah fasilitas untuk memperbesar gambar menggunakan peranti lunak yang ada di kamera. Gampangnya, digital zoom itu sama seperti bila kita sedang menggunakan aplikasi komputer seperti photoshop untuk memperbesar obyek yang kita ambil.

    Teknisnya, di kamera gambar yang kita ambil dicrop sesuai keinginan kita ketika melakukan zoom. Karena dicrop, ukuran gambar tentu menjadi lebih kecil. Karena itu gambar ini lalu diperbesar dengan cara interpolasi. Di proses ini, resolusi gambar yang ada tidak bertambah. Gambar menjadi lebih besar, namun dengan resolusi yang sama dengan gambar aslinya yang lebih kecil. jadi jika terlalu memperbesar menggunakan digital zoom maka hasil gambar akan pecah.

    ini sebagai contohnya:


    Note: secanggih apapaun kamera kita, optical zoom tetap memberikan hasil yang lebih baik dengan resolusi yang lebih baik daripada menggunakan digital zoom.

    (dari berbagai sumber)

      Tinggalkan Balasan

      Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *