Membuat Linux Bootable USB dengan Lili (Linux Live)

    Ada banyak cara untuk membuat distro linux versi live via USB FlashDisk, ada unetbootin yang sudah familiar di kalangan pecinta linux live version via pendrive. Namun kali ini ane nggak akan membahas cara membuat linux Bootable USB dengan unetbootin, tapi ane akan membahas dengan linux live (lili) kenapa? karena lili kelihatanya lebih asik didenger kek nama cewek cantik ehehe (efek jombloners) bukan itu alesannya, karena sudah banyak tutorial yang menggunakan unetbootin.

    ya sebagai variasi aja 🙂

    yuk mari

    PERTAMAX
    kunjungi dulu rumah mbak lili 🙂
    linuxliveusb.com lalu unduh aplikasinya
    atau langsung aja klik DISINI
    lalu jalankan aplikasi lili.

    ini penampakan aplikasi lili:

    Disini diperlukan 5 langkah saja dalam membuat liveUSB, sebenarnya mudah karena sudah ada

    panduannya di aplikasi mbak lili 🙂

    STEP 1
    Setelah dibuka lilinya (eh maksudnya aplikasi lili diruning) pada bagian atas (Step 1) “Choose a usb key”, pilih USB mana yang akan dibuat bootable linux, jangan lupa colokin dulu FlashDisknya ke kompie jangan colokin ke lobang lain ehehe 😛

    STEP 2
    di langkah ini, kamu pilih sumber dimana ada OS linux yang akan dijadikan bootable live USB. ane saranin pake yang ISO file, (kalo belom ISO jangan kasih ane cendol #eh bercanda, kalo belom ISO ya dibuat ISO dolo lah.. pake PowerISO ato apakah 🙂 )
    Note: bisa juga pake CD/Download tapi paling mudah ya pakai ISO File

    STEP 3
    Pda langkah ini gampangnya, kamu ngasih space buat update terbaru dari linux bootable USB yang kamu buat. Jadi boleh dikasi ato nggak, cuman kalo nggak dikasih space buat update-an maka update-an kamu terhadap linux live kamu akan otomatis terhapus setiap reboot system.

    STEP 4
    pada bagian ini, kamu dikasih pilihan untuk format flashdisk kamu, disini ada 3 pilihan dan ada 1 pilihan yang agak berbahaya hehehe
    1. Hide Created Files on Key
    Pilihan ini silakan dicentang, karena akan menghiden file linux yang dibuat sehingga tidakmengganggu pandangan mata, jika di flashdisknya punya banyak file.
    2. Format the key in FAT32
    jangan dicentang kalo nggak ingin semua file yang ada di FlashDisk terhapus. Pertimbangkanbaik baik jika ingin mencentang pilihan ini.
    3. enable Launching Lili in windows
    silakan centang pilihan ini, agar lili bisa dilaunch di windows (butuh koneksi internetuntuk download virtualBOX, ukuran file installer sekitar 58MB) , kalo sudah punya virtualbox atau Virtual Machine dan semacamnya boleh tidak dicentagn pilihan ini.

    STEP 5
    yak, step terakhir, kalo semua step udah dilaksanakan dengan benar, silakan klik tombol berbentuk petir yang ada di pojok kiri bawah.. biarkan mbak lili bekerja, ia akan membuatkan linux live bootable USB buat kamu 🙂

    Berikut adalah contoh setting isian ane, dalam membuat Slitaz 3.0 linux bootable USB

      2 thoughts on “Membuat Linux Bootable USB dengan Lili (Linux Live)

      1. ugie

        Wah… klo lili mah saya udah pernah coba,,,,, Lama bgt gan, emng sih pake lili itu tampilanny bagus dan berwarna cerah. tp klo ane saranin mending pake YUMI, sama aja sih fungsinya.

        Visit back ya

      Tinggalkan Balasan

      Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *