SOPA dan PIPA

    Akhir – Akhir ini warga dunia maya dihebohkan dengan adanya suatu “kebijakan” baru mengenai “freedom of speech” di duMay. banyak orang dari awam sampai pakar IT membicarakan kebijakan UU SOPA dan PIPA (bukan sofa dan pipa ledeng lho…) dan bahkan rumor terbaru, beberapa situs besar dunia melakukan aki protes secara blak-blakan dengan menutup situsnya selama 24 jam.

    singkat cerita, SOPA dan PIPA itu salah salah satu RUU amrik yang berencana untuk memberikan hak cipta dan hak untuk menindak langsung orang / situs yang terduga melanggar hak cipta.
    SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protec IP Act) adalah undang-undang yang diajukan tahun lalu oleh senator dan pejabat tinggi AS dengan tujuan untuk melindungi hak cipta materi internet seperti video, musik, software dan semua barang digital dari pembajakan.
    SOPA dan PIPA mengatur bagaimana dunia maya seharusnya menurut mereka, dan tentunya penggunanya. Namun, undang-undang ini tidak sesederhana itu, banyak hal dari undang-undang ini akan mengubah cara kerja internet saat ini.

    Yang menjadi dasar kekuatan dari perundangan tersebut?
    1. Bilamana RUU SOPA ini disahkan, perusahaan-perusahaan di Amrik dan pemerintah Amerika Serikat memiliki hak untuk mengajukan tindakan hukum dengan situs-situs yang mereka lihat sebagai bentuk pelanggaran hak cipta, entah ‘si’ pemilik situs ini warga negara Amerika atapun Non-US.

    2. Memaksa layanan search engine, pengiklan, penyedia layanan server, dns server dan jasa payment processor untuk tidak memiliki kontak apapun dengan situs yang diduga melanggar.

    3. Perusahaan-perusahaan swasta di Amrik memungkinkan untuk membuat daftar situs-situs yang melanggar kebijakan hak cipta mereka. Daftar situs ini bisa diajukan oleh perusahan kepada pihak payment processor yang bekerja sama dengan pemiliki situs untuk melakukan pemutusan transaksi. Adapun pihak payment processor dan ‘si’ pemilik website hanya diberikan waktu 5 hari sampai tindakan itu diberlakukan.

    4. Situs payment processor memiliki hak untuk memutus kerjasama dengan situs apapun selama pihak payment processor dapat memberikan alasan yang kuat bahwa situs yang bersangkutan itu menyalahi hak cipta.

    Bila UU SOPA diberlakukan maka uu PIPA akan otomatis mengikutinya:
    1. Memaksa Penyedia Jasa Layanan Internet (ISP) di Amrik untuk memblokir akses ke situs yang dipandang menyalahgunakan hak cipta atau situs yang menjembatani penyalahgunaan hak cipta.

    2. Memaksa situs search engine, penyedia blog, situs direktori dan situs umum lainnya untuk menghapus daftar situs-situs yang melanggar ketentuan SOPA dari daftar database mereka.

    Begitu pula dengan perusahaan periklanan, mereka harus menghapus akun publishernya yang dianggap meyalahgunakan hak cipta.

    Okelah biar gampang memahami tentang SOPA, kasih contoh kasus dah:

    dalam berinternet kita sering kali melakukan hal ini:
    – Jualan CD FILM/ GAMES/MUSIK di FJB
    – Jualan barang KW di FJB
    – mengaplod video hasil rekaman konser ke youtube/vimeo dkk
    – Upload software di situs file sharing misal mediafire

    nah dari kasus diatas, JIKA SEANDAINYA SOPA DIBERLAKUKAN MAKA:
    kalo pihak yang terlibat (misalnya manajemen band yang kita rekam saat konser) mendukung

    SOPA, bisa saja manajemen tersebut melakukan gugatan. dan menurut RUU tersebut, YouTube dianggap memfasilitasi pelanggaran hak cipta. Konsekuensinya YouTube harus di-block dan ditutup, dan pengunggah dipidanakan. Alhasil tak mustahil satu situs yang berisi puluhan ribu halaman bisa dimatikan hanya gara-gara satu halaman mengandung unsur pelanggaran hak cipta.

    kalo kaya gitu, udah pasti situs youtube, atau situs media sosial – entertainment bakal kena blokir semua. secara hampir semua site entertainment di internet bermodalkan piracy (pembajakan)

    Nah, dari contoh kasus dan pemahaman saya mengenai beberapa referensi yang saya baca, pemberlakuan dari UU SOPA ini akan mengakibatkan dampak yang negatif bagi kehidupan di dunia maya. Mungkin kita gak akan bisa menikmati lagi menonton rekaman video di youtube, vimeo ,dkk. Kita gak akan bisa lagi searching ebook yang membantu kita dalam membuat skripsi. gak akan ada lagi FJB (k#skus) atau FJB FJB lainnya yang menjual barang KW. kita gak akan lagi bisa ngeblog secara bebas, posting artikel ini dan itu di blog kesayangan… kita gak bisa lagi fesbukan, twitteran, plurking dan mainan all sosial network karena di media ini member sering sekali melakukan sharing link/posting mengenai hal yang melanggar SOPA. dan tak ayal lagi situs ini pasti terkena imbasnya yaitu di BLOKIR karena menjadi fasilitator.

    == == == == ==
    SOPA-PIPA mungkin akan berdampak pula pada ilmu pengetahuan. Tidak ada lagi ensiklopedia bebas. Tidak ada e-book, video pengetahuan/dokumenter, ataupun pertukaran ilmu pengetahuan via internet.
    == == == == ==

    GERAKAN MENDUKUNG ANTI – SOPA

    beberapa situs sudah melakukan sosialiasi aksinya dan bahkan sudah menutup layanannya:

    http://en.wikipedia.org/wiki/Main_Page
    Mozilla.org
    http://www.minecraft.net/
    Google
    http://wordpress.com/
    http://www.reddit.com/
    http://www.gnu.org/
    http://www.fsf.org/
    http://www.defectivebydesign.org/
    http://www.playogg.org/
    http://www.windows7sins.org/
    http://savannah.gnu.org/
    http://shop.fsf.org/

    Ayo dukung gerakan anti SOPA….
    Silakan SAAT INI juga menyumbangkan suaranya melalui link-link berikut:

    http://americancensorship.org
    Caranya: isi email dibawah tulisan “NOT IN THE US? PETITION THE STATE DEPARTMENT” lalu tekan

    tombol SIGN THE PETITION.

    … atau …

    http://www.avaaz.org/en/save_the_internet/
    Caranya: isi email, nama, serta kode pos pada kolom sisi kanan, lalu tekan tombol SEND.

    Imagine a World Without Free Knowledge

    sumber:
    http://universal.hermantan.com/2012/01/aksi-menentang-sopa.html
    www.mediasari.com/2012/01/apa-itu-sopa.html
    http://dunia.vivanews.com/news/read/280106-pro-kontra-ruu-anti-pembajakan-online-as
    http://novenrique.blogspot.com/2012/01/si-penggagas-sopa-ternyata-juga-seorang.html
    http://www.vice.com/read/find-sopa-cosigners-copyright-violation
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12606849
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12619489
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12616948

      One thought on “SOPA dan PIPA

      Tinggalkan Balasan

      Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *