Siapakah “Art Clokey” itu?

    Ketika membuka halaman google pagi ini ternyata ada yang berbeda. Hayoo pada nyadar gak? Logo google nggak seperti biasanya, kali ini Ada bola berwarna warni yang ketika di klik pada bagian bolanya itu maka akan ada animasinya ada yang bentuk manusia, dinosaurus dan lain sebagainya. dan ketika di logo itu di hover, ada link diatasnya yaitu “Art Clokey’s 90th Birthday”.

    nah ini membuat saya penasaran saja, siapakah sebenarnya Art Clokey ntuh? mengapa sampai google pun ikut merayakan ulang tahunnya?
    aku pun bingung mencari kemana… kemana… kemana… sampai akhirnya aku tanya sama mbah google yang pinter dan dikasih jawaban ini…

    Tentang Clokey
    Clokey yang mempopulerkan Stop Motion dengan menggunakan Tanah Liat. (untuk animasi stop motion bisa dilihat pada (Saum the Sheep) Art Clokey lahir di Detroit, Michigan pada tanggal 12 Oktober 1921. Ayah Clokey meninggal pada insiden kecelakaan dan akhirnya ia pindah ke suatu daerah bersama Ibu dan ayah tirinya. Namun ironisnya, Ayah tiri Clokey tidak ingin mengasuhnya hingga Clokey akhirnya dikirim ke panti asuhan. Dan ketika usianya 12 tahun, Clokey diadopsi oleh seorang musisi clasik, yaitu Joseph W Clokey. Clokey di sekolahkan pada jurusan seni yang spesifiknya pada gambar, lukisan, serta pembuatan film dalam perjalanan kehidupannya semasa di Kanada dan Meksiko. Berawal pada tahun 1955, dimana ketika itu Clokey mencoba untuk melakukan eksperimen pembuatan film animasi.

    Proyek film animasi Clokey yang pertama adalah Gumbasa. Dan sejak itulah Clokey bersama istrinya membuat Gumby, proyek Clokey yang merupakan film animasi dengan figure seperti batu hijau yang bergerak seperti manusia, tapi bentuk fisiknya berbeda. Selain Gumbasa, pada tahun 1960, film kedua Clokey yang terkenal pada masanya adalah Davey & Goliath. Davey & Goliath ketika itu menjadi salah satu film favorit ditayangkan di televisi dengan pesan moral tentang iman dan keyakinan beragama. Maka dari itu, Art Clokey dapat dikatakan sebagai pelopor film animasi yang kita bisa lihat saat ini bagaimana perkembangan film animasi dari jaman dulu sampai sekarang ini. Seperti yang dikembangkan oleh Steve Jobs bersama Pixar Animation Studios, DreamWorks Animation seperti Kungfu Panda atau Madagascar 2, dsb. Hal tersebut tentunya juga karena kontribusi Art Cloney hingga akhirnya film animasi memiliki daya tarik serta karakter tersendiri saat ini.

    Yups ntu aja dulu, moga bisa memberi wawasan buat temen2 yang sedang penasaran tentang siapa itu clokey 🙂

    sumber

      Tinggalkan Balasan

      Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *