Kemanan Facebook? benarkah membuat AMAN?

    Postingan ini bukan untuk menakut – nakuti tapi buat antisipasi temen-temen saja…
    Kalo boleh ane bilang “Keamanan facebook itu adalah SENJATA MAKAN TUAN”
    kenapa bisa begitu?
    yupz, ane baru kepikiran hari ini, setelah ada yang mencoba meretas facebook saya.

    1. Proteksi “Pertanyaan Keamanan”

    Proteksi dengan pertanyaan keamanan ini, Sangat TIDAK AMAN. karena bisa dengan mudah ditebak oleh peretas. apalagi kalo peretas itu sudah mengetahui seluk beluk korbanya. dan bisa digunakan sebagai sarana ambil alih halaman facebook TANPA mengetahui alamat email dan password korban.
    fail
    dan 1 lagi yang membuat facebook tidak aman dengan adanya “pertanyaan keamanan” ini. Sekali kita menetapkan “pertanyaan keamanan” maka dikemudian hari “TIDAK BISA DIUBAH”. so, kalo pertanyaan keamanan kita diketahui orang lain, sama saja akun kita jadi akun bersama/publik.

    fail
    2. Pengamanan Dengan Melibatkan 3 Teman Pengguna

    ini apa lagi, malah bikin FB tambah nggak aman saja, mungkin maksud si admin FB baik juga sih… namun, ini sangat menjadi bumerang bagi pemilik akun tersebut.

    Hanya dengan menggunakan fitur “forgot password” yang ada di fesbuk, ane hanya memasukkan email pengganti, terus si FB minta kita memasukkan 3 temen kita. Disinilah bagian yang paling seru dimana nantinya ketiga “temen” kita yang didaftarkan akan mendapatkan pesan di Inbox FB nya dari facebook berupa kata sandi yang nantinya akan digunakan untuk memulihkan akun. iya kalo itu temen betulan, kalo di akun kita berteman dengan 3 akun fiktif dari peretas dan digunakan untuk menjebak kita? yah jadi senjata makan tuan deh…

    disini, menurut saya metode “pengamanan silang” yang diterapkan oleh facebook tergolong dalam kategori BERBAHAYA.

    facebook akan meminta memasukan nama teman kita dengan kategori sebagai berikut :

    – Saudara ( Pilih satu orang )

    – Temen Biasa ( Pilih satu orang )

    – Teman satu pekerjaan (Pilih satu orang )

    Berarti facebook gak aman , Lalu Gimana Donk???????

    yah semua itu tergantung temen-temen menyikapi dan menyiasati….

    – Buat yang belum terlanjur mengeset “pertanyaan keamanan” – kalo munngkin, hindari pertanyaan “di kota mana ibu anda dilahirkan?” pertanyaan ini sangat mudah di tebak oleh para peratas. kalo yang sudah ya ntar deh belom ada solusi saya…. T_T

    – Pergunakan Password kombinasi, terdiri dari alpanumeric + symbol

    – Hindari Menumpuk banyak teman, apalagi tidak dikenal. dengan kata lain filter kegiatan pertemanan kita, jangan terlalu banyak menge-add atao meng-approve permintaan perteman dari yang tidak kita kenal. bukannya sombong , tapi demi keamanan.

    – masukkan beberapa email dan nomer handpone, so sewaktu2 diretas masih ada kemungkinan akun dapat diselamatkan

    ah segini dulu catetan ane.. ane bikin catetan ini agar temen-temen bisa lebih waspada terhadap akun facebooknya, dan gak ada yang jadi korban peretasan seperti akun ane ini.

      Tinggalkan Balasan

      Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *