Beda website dengan Blog

Dulu sempet bingung juga aku akan perbedaan website dengan blog. Akhirnya setelah membaca beberapa referensi aku sedikit dapet gambaran mengenai beda website dan Blog.

Blog itu ya website!
website ini ada berbagai jenis, ada web untuk web profile, ada webpotal, ada web untuk jual beli online adapula website untuk wadah suatu komunitas (forum), dan ada pula yang dikategorikan adalah blog. yuk kita bahas satu-satu.

untuk website dengan konten berisi pusat segala informasi, web ini biasanya disebut sebagai portal,
portal sendiri ada bermacem-macem, ada portal berita, ada portal hiburan, ada portal pendidikan dan masih banyak yang lainnya.
misal: detik.com tribunnews.com vivanews.com

website ada juga yang digunakan sebagai website komunitas, dimana isinya bisa berupa tempat diskusi sekumpulan warga cyber yang memiliki hobi, dan kesamaan pemikiran.
misal: indoforum.org kaskus.us

Nah, sekarang kita bahas masalah blog 🙂
dahulu blog itu nama lengkapnya adalah “web blog” yang merupakan gabungan kata dari “web” dan “log”
sama dengan arti dari web dan log itu sendiri, weblog atau blog berisi tentang log/ catatan-catatan. entah itu sebuah pemikiran, sharing , eksistensi bahkan curahan hati penulisnya, dan lain sebagainya.

Saat ini weblog atau yang sering disebut dengan blog lebih diidentikan dengan istilah “Diari Online” karena banyak blog yang berisi mengenai jurnal-jurnal pribadi seperti informasi perjalanan dan kehidupan sehari -hari seorang blogger (tukang nge-blog) , bisa juga tulisan-tulisan hasil pemikirannya. Meskipun adapula blog-blog yang isi beritanya terfokus pada satu objek saja biasanya hobi. Misal: terfokus ke masalah seputar olah raga, politik , ekonomi dan juga sebagainnya.

Beberapa blog saat ini memberikan informasi yang cepat dan tepat, biasanya blog jenis ini disebut dengan “citizen Jurnalism”.

Ciri-Ciri Blog:
Isi utama biasanya berupa informasi yang bersifat kronologis, dan terbagi menjadi beberpa kategori dan menggunakan kata kunci tertentu (tags).

Terdapat arsip untuk berita atau wadah untuk informasi lama (biasanya arsip perbulan)
ada tempat meningggalkan komentar bagi para pengunjungnya

Biasanya juga ada link Terkait yang mengarah ke website/blog favorit yang sering dikunjungi atau yang hanya sekedar “Link Exchange (bertukar link)”

Untuk membuat sebuah blog seorang blogger nggak harus punya domain sendiri atau hosting sendiri, karena saat ini banyak situs penedia layanan untuk pembuatan blog secara gratis. dan persyaratannya juga nggak susah, tinggal ngisi form doank… nggak perlu ngerti coding HTML bahkan PHP ato whatever lah.. untuk mempunyai sebuah blog, Bosen dengan tampilan sekarang pengen ganti? gampang.. sudah disiapin template yang siap pakai…
misal layanan di wordpress.com blogdetik.com blogspot.com catatanku.com

Belom ngerti pengen buat blog sendiri? tunggu artikel selanjutnya… aku mau ngasih tau ke temen-temen tentang cara bikin blog dengan wordpress.

2 Comments


  1. Wah, nice inpoh nih master… :thumbup

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *